RESUME INDIVIDU
“MEDIA GAMBAR DIAM”

OLEH
PATIMATURRAHMI
1501060800
III A (PGMI)
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
MATARAM
2016
RESUME
MEDIA GAMBAR DIAM
A.
Pengertian
Gambar diam
atau gambar mati adalah gambar- gambar yang di sajikan secara fotografik,
misalnya gambar manusia, binatang, tempat, atau objek lain yang ada kaitanya
dengan bahan atau isi tema yang di ajarkan.


Menurut Gerlach
dan Ely bahwa “ Gambar tidak hanya bernilai seribu bahasa, tetapi juga seribu
tahun atau seribu mil,” melalui gambar dapat di tunjukan kepada siswa suatu
tempat, orang dan segala sesuatu dari daerah
yang jauh dari jangkauan pengalaman belajar siswa. Gambar juga dapat
memberikan gambaran dari waktu yang telah lalu atau potret ( gambaran ) yang
akan datang.
Menurut
Smaldino , dkk (2008) bahwa “ gambar atau fotografi dapat mengalihkan
pengalaman belajar dari taraf belajar dengan lambing kata- kata ke taraf yang
lebih konkret ( pengalaman langsung ),” misalnya guru akan menjelaskan
terjadinya letusan gunung merapi, maka siswa akan lebih mudah menangkap gambar
dari pada uraian guru dengan kata- kata. Selain dapat menggambarkan bergabagai
hal, gambar mudah di peroleh dari majalah, Koran, bulletin , dan lain- lain.
Jika terpaksa guru dapat membuat gambar sederhana.
B.
Kelebihan Gambar
1.
Dapat
menjelaskan ide- ide abstrak kedalam bentuk yang lebih nyata
2.
Banyak
tersedia dalam buku- buku
3.
Sangat
mjudah di pakai Karena tidak membutuhkan peralatan
4.
Relatif tidak mahal
5.
Dapat
di pakai untuk berbagai tingkat pelajaran
C.
Kelemahan
Gambar
1.
Kadang-
kadang terlalu kecil untuk di tunjukan di kelas yang lebih besar
2.
Gambar
mati berbentuk gambar dua dimensi, untuk menunjukan dimensi ketiga
3.
(
kedalam benda) harus di gunakan satu
seri gambar dari objek yang sama dari sisi yang berbeda.
4.
Tidak
dapat menunjukan gerak
5.
Siswa
tidak selalu mengetahui bagaimana membaca (menginterpretasikan gambar)
D.
Manfaat
Gambar Sebagia Media Visual
1.
Menimbulkan
daya tarik bagi sisiwa, gambar dengan berbagai warna akan lebih menarik, serta
membangkitkan minat dan perhatian siswa.
2.
Mempermudah
pengertian siswa. Suatu penjelasan yang sifatnya abstrak dapat di bantu dengan
gambar, sehingga lebih mudah memahami apa yang di maksud.
3.
Memperjelas
bagian- bagian yang penting. Melelui gambar dapat di perbesar bagian- bagian
yang penting atau yang kecil, sehingga dapat di amati lebih jelas.
4.
Menyingkat
uraian panjang. Uraian tersebut mungkin dapat di tunjukkan dengan sebuah gambar
saja.
E.
Ciri-
Ciri Gambar Yang Baik
1.
Cocok
dengan tingkat umur dan kemampuan siswa
2.
Bersahaja
dalam arti tidak terlalu kompleks, karena dengan gambar itu siswa dapat
gambaran yang pokok. Kalau gambar kompleks perhatian siswa akan terbagi
3.
Realistis.
Gambar itu seperti benda yang sesungguhnya atau sesuai dengan yang di gambar,
sudah tentu perbandingan ukuran juga harus di perhatiakan.
4.
Gambar
dapat di berlakukan dengan tangan. Ada yang menganggap bahwa gambar adalah
sesuatu yang suci, tetapi sebagia media pembelajaran, gambar harus dapat di pegang dan di raba oleh siswa.
F.
Teknik
Penggunaan Gambar
1.
Pengetahuan
apa yang akan di perhatikan melalui gambar harus jelas terlebih dahulu
2.
Kemungkinan
salah pengertian yang akan di timbulkan oleh gambar
3.
Persoalan
yang hendak di jawab oleh gambar
4.
Reaksi
apa yang hendak di bina oleh gambar
5.
Apakah
gambar itu membawa siswa ke penyelidikan lebih lanjut
6.
Apakah
sekiranya ada media lain yang lebih tepat untuk mencapai tujuan yang telah di
tentukan.
G.
Cara
Menunnjukan Gambar
1.
Apa
yang harus di cari siswa dalam gambar itu
2.
Siswa
harus mengerti bagaimana mempelajari gambar
3.
Bagaiamana siswa dapat memberikan kritik terhadap gambar
4.
Bagaimana
hubungan gambar itu dengan materi yang lain
5.
Bila
gambar terlampau luas, berikan dalam seri- seri gambar yang mempunyai ukuran
yang logis.
6.
Waktu
melihat gambar, mungkin tidak semua siswa dapat melihat dengan jelas, maka
setelah pembelajaran berakhir, hendaknya gambardi letakkan di tempat yang dapat
di jangkau oleh siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Hasnida. Media pembelajaran kreatif.
PT LUXIMA METRO MEDIA: Jakarta timur: 2014. hal: 54-62
Tidak ada komentar:
Posting Komentar