Jumat, 01 Juli 2016

MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG GAMBAR DIAM

RESUME INDIVIDU
“MEDIA GAMBAR DIAM”
OLEH
PATIMATURRAHMI
1501060800
III A (PGMI)



JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
MATARAM
2016




RESUME
MEDIA GAMBAR DIAM
A.    Pengertian
Gambar diam atau gambar mati adalah gambar- gambar yang di sajikan secara fotografik, misalnya gambar manusia, binatang, tempat, atau objek lain yang ada kaitanya dengan bahan atau isi tema yang di ajarkan.

 


Menurut Gerlach dan Ely bahwa “ Gambar tidak hanya bernilai seribu bahasa, tetapi juga seribu tahun atau seribu mil,” melalui gambar dapat di tunjukan kepada siswa suatu tempat, orang dan segala sesuatu dari daerah  yang jauh dari jangkauan pengalaman belajar siswa. Gambar juga dapat memberikan gambaran dari waktu yang telah lalu atau potret ( gambaran ) yang akan datang.
Menurut Smaldino , dkk (2008) bahwa “ gambar atau fotografi dapat mengalihkan pengalaman belajar dari taraf belajar dengan lambing kata- kata ke taraf yang lebih konkret ( pengalaman langsung ),” misalnya guru akan menjelaskan terjadinya letusan gunung merapi, maka siswa akan lebih mudah menangkap gambar dari pada uraian guru dengan kata- kata. Selain dapat menggambarkan bergabagai hal, gambar mudah di peroleh dari majalah, Koran, bulletin , dan lain- lain. Jika terpaksa guru dapat membuat gambar sederhana.

B.     Kelebihan  Gambar
1.      Dapat menjelaskan ide- ide abstrak kedalam bentuk yang lebih nyata
2.      Banyak tersedia dalam buku- buku
3.      Sangat mjudah di pakai Karena tidak membutuhkan peralatan
4.      Relatif  tidak mahal
5.      Dapat di pakai untuk berbagai tingkat pelajaran

C.     Kelemahan Gambar
1.      Kadang- kadang terlalu kecil untuk di tunjukan di kelas yang lebih besar
2.      Gambar mati berbentuk gambar dua dimensi, untuk menunjukan dimensi ketiga
3.      ( kedalam benda)  harus di gunakan satu seri gambar dari objek yang sama dari sisi yang berbeda.
4.      Tidak dapat menunjukan gerak
5.      Siswa tidak selalu mengetahui bagaimana membaca (menginterpretasikan gambar)



D.    Manfaat Gambar Sebagia Media Visual
1.      Menimbulkan daya tarik bagi sisiwa, gambar dengan berbagai warna akan lebih menarik, serta membangkitkan minat dan perhatian siswa.
2.      Mempermudah pengertian siswa. Suatu penjelasan yang sifatnya abstrak dapat di bantu dengan gambar, sehingga lebih mudah memahami apa yang di maksud.
3.      Memperjelas bagian- bagian yang penting. Melelui gambar dapat di perbesar bagian- bagian yang penting atau yang kecil, sehingga dapat di amati lebih jelas.
4.      Menyingkat uraian panjang. Uraian tersebut mungkin dapat di tunjukkan dengan sebuah gambar saja.

E.     Ciri- Ciri Gambar Yang Baik
1.      Cocok dengan tingkat umur dan kemampuan siswa
2.      Bersahaja dalam arti tidak terlalu kompleks, karena dengan gambar itu siswa dapat gambaran yang pokok. Kalau gambar kompleks perhatian siswa akan terbagi
3.      Realistis. Gambar itu seperti benda yang sesungguhnya atau sesuai dengan yang di gambar, sudah tentu perbandingan ukuran juga harus di perhatiakan.
4.      Gambar dapat di berlakukan dengan tangan. Ada yang menganggap bahwa gambar adalah sesuatu yang suci, tetapi sebagia media pembelajaran, gambar  harus dapat di pegang dan di raba oleh siswa.

F.      Teknik Penggunaan Gambar
1.      Pengetahuan apa yang akan di perhatikan melalui gambar harus jelas terlebih dahulu
2.      Kemungkinan salah pengertian yang akan di timbulkan oleh gambar
3.      Persoalan yang hendak di jawab oleh gambar
4.      Reaksi apa yang hendak di bina oleh gambar
5.      Apakah gambar itu membawa siswa ke penyelidikan lebih lanjut
6.      Apakah sekiranya ada media lain yang lebih tepat untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.


G.    Cara Menunnjukan Gambar
1.      Apa yang harus di cari siswa dalam gambar itu
2.      Siswa harus mengerti bagaimana mempelajari gambar
3.      Bagaiamana  siswa dapat memberikan kritik terhadap gambar
4.      Bagaimana hubungan gambar itu dengan materi yang lain
5.      Bila gambar terlampau luas, berikan dalam seri- seri gambar yang mempunyai ukuran yang logis.
6.      Waktu melihat gambar, mungkin tidak semua siswa dapat melihat dengan jelas, maka setelah pembelajaran berakhir, hendaknya gambardi letakkan di tempat yang dapat di jangkau oleh siswa.

DAFTAR PUSTAKA
Hasnida. Media pembelajaran kreatif. PT LUXIMA METRO MEDIA: Jakarta timur: 2014. hal: 54-62

Tidak ada komentar:

Posting Komentar