TUGAS IPS 2
MAKALAH TENTANG
PASAR, UANG, LEMBAGA KEUANGAN
DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL

TUGAS KELOMPOK VI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas
Mata kuliah IPS 2 Semester Genap 2015/2016
Oleh :
No
|
Nama
|
NIM
|
1.
|
Erlina Handriani
|
1501060811
|
2.
|
Kartini
|
1501060812
|
3.
|
Hestiana
|
1501060813
|
PENDIDIKAN GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI MATARAM
2015
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kami ucapkan rasa puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga
kami dapat menyelesaikan Makalah ini dengan tepat waktu yang diharapkan.
Seperti yang kita ketahui, dunia pendidikan terus
berbenah, berkembang kearah yang lebih baik dari waktu ke waktu, tujuannya
adalah agar pendidikan di Indonesia semakin baik dan tentu saja berdampak pada
terbentuknya generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan untuk memajukan
bangsa dan Negara Indonesia.
Pendidikan itu sendiri adalah proses panjang dan
berkelanjutan untuk menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya,
yaitu bermanfaat bagi dirinya, bagi orang lain atau sesama, bagi alam semesta,
beserta segenap isi dan peradabannya.
Makalah ini kami susun berdasarkan kemampuan kami serta
kerjasama kelompok untuk mencari segala yang diperlukan dalam menyelesaikan
Makalah ini. Hal ini kami lakukan untuk membantu para pembaca Makalah ini dapat
terinspirasi dan termotivasi untuk terus belajar dan belajar dunia sosial dan
ilmu tentang dunia maupun bumi dan segala hal yang berkaitan dengan mata pelajaran
IPS. Dengan makalah yang kami susun ini,
kami banyak menemukan nilai-nilai, diantaranya, Nilai Moral, Nilai Budaya,
Nilai Sosial, Nilai Ekonomi dan yang lainnya yang dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari dan dapat membantu dalam proses belajar-mengajar sehingga
menjadi generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berbudi pekerti luhur, yaitu
generasi yang dibutuhkan untuk membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang
cemerlang.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Pengertian Ekonomi
Pengertian Ekonomi menurut beberapa ahli,
yaitu sebagai berikut :
a. J.S, Ekonomi adalah salah satu sains praktikal tentang penagihan dan
pengeluaran.
b. Adam Smith, Ekonomi adalah penyelidikan yang berkaitan tentang keadaan dan
sebab adanya kekayaan negara.
c. Abraham Maslow, Ekonomi adalah salah satu bidang kajian yang mencoba
menyelesaikan masalah keperluan asas manusia melalui penggemblengan segala
sumber ekonomi yang ada dengan berdasarkan pada prinsip dan teori dalam suatu
sistem ekonomi yang dianggap efektif yang efisien.
d. Hermawan Kartajaya, Ekonomi adalah platform yang dimana sektor industri
melekat diatasnya.
e. Paul. A. Samuelson, Ekomomi adalah cara yang dilakukan manusia dan
kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh
berbagai komoditi dan mendistribusikan oleh masyarakat untuk dikonsumsi.
Istilah dalam pengertian Ekonomi, menurut
bahasa yaitu berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos berarti keluarga atau rumah
tangga. Sedangkan Nomos berarti peraturan atau aturan. Sedangkan menurut istilah
yaitu manajemen rumah tangga atau peraturan rumah tangga. Pengertian ekonomi
adalah salah satu bidang ilmu sosial yang membahas dan mempelajari tentang
kegiatan manusia berkaitan langsung dengan distribusi, konsumsi dan produksi
pada barang dan jasa.
Pada dasarnya, masalah ekonomi yang selalu
dihadapi oleh manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi adalah jumlah
kebutuhan manusia tidak terbatas. Sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan
manusia terbatas.
Apabila membahas mengenai Pengertian Ekonomi,
secara otomatis akan membicarakan tentang ilmu ekonomi dimana ilmu ekonomi
merupakan sebuah ilmu kajian yang membahas dan mempelajari tentang ekonomi itu
sendiri.
Dalam kehidupan sehari-hari, ekonomi sangat
diperlukan dalam memenuhi kebutuhan, oleh karenanya ekonomi merupakan salah
satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, ekonomi
sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan dalam satu negara, apakah keadaan
ekonomi yang baik atau semakin memburuk. Secara umum, dapat dikatakan bahwa
Pengertian Ekonomi adalah sebuah bidang kajian ilmu yang berhubungan tentang
pengurusan sumber daya material
individu,
masyarakat dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia.
Karena itulah, ekonomi merupakan salah satu
ilmu yang berkaitan tentang tindakan dan perilaku manusia dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan sumber daya yang ada melalui kegiatan
konsumsi, produksi dan distribusi.
B.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Ilmu Ekonomi menurut Abdullah, 1992: 7)
:
1. Mencari pengertian tentang hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi baik yang
berupa hubungan kasual maupun fungsional;
2. Untuk dapat menguasai masalah-masalah ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat
misalnya :
-
Masalah pengangguran di Indonesia masih belum
bisa diatasi
-
Kondisi infrastruktur ekonomi Indonesia
seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang sudah tidak lagi memadai
-
Terbatasnya lahan pekerjaan sehingga menaikkan
tingkat pengangguran
C.
Manfaat mempelajari Ilmu Ekonomi menurut
Mas’ud Effensi adalah :
a. Membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih
baik
b. Membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian
c. Memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pasar
1. Pengertian Pasar
Menurut Philip Kotler pasar adalah tempat
pembeli dan penjual melakukan transaksi atas barang dan jasa tertentu.
Secara umum, pasar adalah tempat bertemunya
permintaan dan penawaran yang pada dasarnya akan mengakibatkan dua subjek pokok,
yaitu produsen dan konsumen melakukan suatu transaksi jual beli barang atau
jasa.
Menurut wujudnya, pasar dibagi dua, yaitu :
a. Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah tempat bertemunya penjual
dan pembeli dimana penjual hanya perlu mengajukan contoh barang atau sampel
barang saja.
b. Pasar Nyata
Pasar nyata adalah tempat bertemunya pembeli
dan penjual dalam melakukan jual beli barang atau jasa. Contohnya pasar
tradisional.
2. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market)
a. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna adalah suatu pasar
dimana terdapat begitu banyak penjual, sehingga masing-masing penjual tidak
bisa bertindak untuk memengaruhi harga pasar yang berlaku, baik dengan cara
mengubah jumlah penawaran maupun harga barangnya.
b. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
1) Barang yang diperjual-belikan bersifat homogen. Homogen dalam artian
homogenitas kualitas barang yang diperdagangkan, dengan kata lain, semua
perusahaan dianggap mampu memproduksi barang atau jasa dengan kualitas dan karatkteristik
yang sama.
2) Jumlah penjual dan pembeli banyak. Dengan jumlah banyak, harga yang
tercipta ditentukan oleh kekuatan pasar. Sehingga penjual atau pembeli tidak
dapat memengaruhi harga melainkan hanya penerima harga (price taker)
(3) Adanya keleluasaan masuk atau keluar pasar. Produsen dengan mudah keluar
masuk pasar, serta bebas menawarkan produk barang atau jasa.
(4) Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar. Penjual atau pembeli
benar-benar mengetahui keadaan pasar baik jumlah kualitas, dan harga, serta
mendapatkan perlakuan yang sama, baik sebagai pembeli atau penjual.
(5) Output perusahaan relatif kecil. Artinya barang yang berada dipasar tidak
berasal dari satu produsen, tetapi dari berbagai produsen yang biaya
produksinya rata-rata sama.
(6) Tidak ada campur tangan pemerintah. Pemerintah tidak campur tangan,
khususnya terhadap pembentukan harga barang atau jasa.
(7) Distribusi produk relatif lancar. Dikarenakan jumlah produk dan jumlah
penjual banyak maka distribusi harus lancar dan pembeli tidak mengalami kesulitan
untuk mendapatkan barang.
c. Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
1) Kebaikan
a) Barang yang tersedia dipasar banyak sehingga pembeli bebas memilih barang.
b) Penjual dan pembeli mendapatkan kepuasan yang maksimal karena harga yang
terbentuk adalah hasil tawar-menawar dari kedua belah pihak secara keseluruhan.
c) Jika setiap warga masyarakat diberi kebebasan ekonomi untuk mengejar
kepentingan pribadinya, maka kepentingan masyarakat pun secara otomatis
terpenuhi pula.
d) Tidak ada konflik antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.
e) Dalam jangka panjang akan menjamin diproduksinya barang-barang yang dengan
biaya yang serendah-rendahnya.
f) Tidak perlu adanya iklan.
2) Keburukan atau kekurangan
a) Barang-barang yang homogen tidak dikehendaki oleh konsumen dikarenakan
tidak bervariasi dan akan cepat menjadi bosan.
b) Dalam jangka panjang, perusahaan hanya memperoleh keuntungan normal.
c) Perusahaan yang ada hanya perusahaan kecil karena tidak ada pengembangan
dan penelitian produk baru.
d) Laba yang diperoleh kecil karena penjual tidak bisa menaikkan harga. Harga
yang terjadi adalah harga pasar.
3. Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market)
a) Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana terdapat satu atau
beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta atau beberapa pembeli
yang menguasai pasar atau harga.
b) Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna
1) Pasar Monopoli
a) Pengertian pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar dimana
seluruh penawarannya dipegang oleh satu penjual atau produsen. Dalam arti,
hanya ada satu penjual atau produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli.
Ciri-ciri pasar monopoli :
(1) Satu perusahaan dengan banyak pembeli
(2) Tidak adanya produk substitusi
(3) Adanya hambatan untuk memasuki pasar (closed entry)
(4) Monopolis merupakan penentu harga pasar (price setter/pemerintah tidak ikut
campur)
(5) Keuntungan terpusat pada satu perusahaan.
b) Macam atau jenis pasar monopoli
(1) Monopoli alamiah
Monopoli alamiah adalah monopoli yang ditentukan
oleh faktor-faktor geografis atau keadaan alam sehingga satu produk tidak dapat
dihasilkan oleh daerah lain. Contohnya barang tambang, hasil pertanian,
peternakan, dan lain-lain.
(2) Monopoli Undang-undang
Monopoli Undang-undang adalah monopoli yang
timbul karena adanya peraturan atau undang-undang yang dikeluarkan oleh
pemerintah sehingga monopoli mempunyai kekuatan hukum.
(3) Monopoli Masyarakat
Monopoli masyarakat adalah jenis monopoli yang
timbul karena kepercayaan masyarakat terhadap suatu produk tertentu dengan
merek tertentu pula. Contohnya lampu merek Philips, sepeda motor Honda, dan
lain-lain.
c) Kebaikan dan keburukan pasar monopolis
(1) Kebaikan
(a) Dapat melakukan penelitian dan pengembangan, sehingga dimungkinkan adanya
peningkatan kualitas barang yang dihasilkan dan penurunan biaya produksi.
(b) Dapat melakukan spesialisasi, mendapatkan bahan mentah yang relatif murah,
dan dapat menggunakan tekhnologi yang canggih. Hal tersebut dapat dilakukan
karena perusahaannya besar dengan skala produksi yang besar pula.
(2) Keburukan
(a) Menciptakan ketidakadilan karena perusahaan monopolis dalam jangka panjang
memperoleh keuntungan lebih.
(b) Adanya unsur eksploitasi, baik terhadap konsumen maupun terhadap pemilik
faktor produksi.
(c) Terjadi pemborosan atas penggunaan sumber daya ekonomi.
(d) Tidak memberi kesempatan kepada perusahaan lain yang lemah untuk tumbuh dan
berkembang.
2) Pasar Oligopoli
a) Pengertian pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar
dimana hanya ada beberapa perusahaan, sedangkan jumlah pembeli banyak.
b) Ciri-ciri pasar oligopoli
(1) Sedikit perusahaan, tetapi banyak pembeli.
(2) Produk homogen atau dibedakan dalam hal segi fisik, penampilan, dan image
masyarakat terhadap produk tersebut.
(3) Pasar yang sulit untuk dimasuki yang diakibatkan oleh besarnya hambatan
untuk memasuki pasar tersebut.
c) Macam-macam oligopoli
(1) Oligopoli dengan barang diferensiasi, artinya beberapa perusahaan
memproduksi barang yang sama namun sebenarnya barang itu dibedakan oleh merek,
mutu, dan penampilan.
(2) Oligopoli dengan barang homogen, artinya beberapa perusahaan memproduksi
barang yang sama. Contohnya industri pipa besi, industri genting, dll.
d) Kebaikan dan keburukan pasar oligopoli
(1) Kebaikan pasar oligopoli
Terjadi penemuan dan penerapan tekhnologi baru
yang sangat pesat. Hal tersebut dikarenakan persaingan dalam pasar oligopoli
sangat ketat walaupun bukan persaingan harga, sehingga mereka termotivasi untuk
berlomba di bidang proses produksi, produk baru, dan penurunan biaya produksi.
(2) Keburukan
(a) Menimbulkan ketimbangan dalam distribusi pendapatan masyarakat.
(b) Terjadi pemborosan karena tidak beroperasi pada biaya rata-rata (AC) yang
minimum.
(c) Dimungkinkan terjadinya eksploitasi terhadap konsumen dan buruh.
3) Pasar persaingan monopolistik
a) Pengertian pasar persaingan monopolistik
Persaingan monopolistik terjadi apabila
terdapat relatif banyak produsen yang menghasilkan barang sejenis tetapi ada
unsur perbedaan antara yang satu dan yang lainnya.
b) Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik
(1) Terdapat banyak penjual.
(2) Barangnya berbeda corak, baik dilihat dari segi merek, kualitas, ukuran,
model, warna bungkus (kemasan), dan pelayanan penjualan.
(3) Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan memengaruhi harga (pada tingkat
tertentu).
(4) Untuk masuk kedalam industri, relatif lebih sulit dibandingkan pada pasar persaingan
sempurna.
c) Kebaikan dan keburukan pasar persaingan monopolistik
(1) Kebaikan
(a) Hasil produksi bermacam-macam, baik mutu, warna, modal, maupun kemasan.
(b) Konsumen diberikan pilihan barang-barang yang sesuai dengan selera dan
kemampuan (daya beli).
(c) Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini.
d) Keburukan
(a) Didalam persaingan monopolitik, terdapat banyak perusahaan yang skala
usahanya masih relatif kecil, sehingga hal tersebut mengakibatkan terjadinya
pemborosan atas penggunaan sumber daya ekonomi.
(b) Konsumen dalam memperoleh barang harus membayar harga yang lebih tinggi
dari biaya marginal (MC) sedangkan tenaga kerja dibayar setara dengan nilai MC
yang lebih daripada harga barang.
(c) Biaya untuk masuk kepasar industri mahal karena produsen atau penjual harus
selalu melakukan riset dan pengembangan produk.
(d) Persaingan sangat berat. Hal tersebut dikarenakan adanya kesetiaan
dari para konsumen terhadap produk
tertentu (yang lebih ternama).
B.
Uang
1. Pengertian Uang
Uang adalah segala sesuatu yang dapat diterima
oleh masyarakat umum sebagai alat tukar dalam lalu lintas perekonomian.
Definisi uang menurut beberapa ahli :
a) AC. Pigow : Uang adalah alat
tukar
b) DH. Robertson : Uang adalah
segala sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan
barang-barang.
c) RS. Sayers : Uang adalah segala
sesuatu yang umum diterima sebagai pembayaran utang
d) RG. Thomas : Uang adalah segala
sesuau yang siap dan pada umumnya diterima secara umum dalam pembayaran untuk
pembelian barang, jasa dan alat pembayaran utang.
e) AG. Hart : Uang adalah
kekayaan dimana si empunya dapat melunaskan utangnya dalam jumlah tertentu pada
waktu itu juga.
2. Syarat Uang
Agar suatu benda dapat digunakan sebagai alat
perantara dalam tukar menukar, maka harus memenuhi syarat-syarat berikut :
a) Diterima oleh umum (acceptability)
b) Mudah dipindahkan (portability)
c) Tidak mudah rusak (durability)
d) Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility)
e) Mempunyai nilai yang tetap (stability of value)
f) Memiliki satu kualitas saja (uniformity)
g) Jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan (scarcity)
3. Fungsi Uang
a) Fungsi Asli (Utama)
1) Sebagai alat tukar umum (medium of exchange)
2) Sebagai alat kesatuan hitung (unit of account)
3) Sebagai penyimpanan nilai atau kekayaan (store of value)
b) Fungsi Turunan (Tambahan)
1) Sebagai alat pembayaran (standar of deferred payment)
2) Sebagai alat pembentuk kekayaan dan pemindah kekayaan (modal)
4. Jenis Uang
1) Uang Kartal (Common Money), adalah alat pembayaran yang sah dan wajib
diterima oleh semua orang.
jenis uang kartal :
(1) Uang logam yaitu jenis uang kartal yang dibuat dari logam yang terdiri dari
:
a) Full bodied money (uang logam yang bernilai penuh), yaitu uang dimana nilai
yang tertera diatas uang tersebut (nilai nominal) sama nilainya dengan bahan
yang digunalan membuat uang (nilai instrinsik).
b) Token money (uang kepercayaan), yaitu uang logam yang nilai instrinsiknya
lebih kecil dari nilai nominalnya.
(2) Uang kertas, yaitu jenis uang kartal yang dibuat dari kertas, yang terdiri
dari :
a) Uang kertas negara, yaitu uang kertas yang dikeluarkan oleh pemerintah dan
alat pembayaran yang sah dengan jumlah yang terbatas dan ditandatangani oleh
menteri keuangan.
b) Uang kertas bank yaitu uang yang dikeluarkan oleh bank sentral.
2) Uang Giral (Demand Deposit Money), adalah uang yang dimiliki masyarakat
dalam bentuk simpanan di bank yang dapat diambil sesuai kebutuhan atau alat
pembayaran sah secara ekonomi, tetapi secara hukum tidak. Contoh : Cek dan giro
bilyet.
C.
Lembaga Keuangan
1. Bank
a) Pengertian Bank
Menurut UU Nomor 10 Tahun 1998, bank adalah
badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan
menyalurkannya kepada masyarakat dalm bentuk kredit untuk meningkatkan taraf
hidup rakyat banyak.
Menurut Prof. GM. Verry Stuart dalam bukunya
“Bank pplitic”, bank adalah suatu badan usaha yang bertujuan untuk memberi
kredit, baik dengan uang sendiri
maupun uang yang pinjam dari orang lain, dan
mengedarkan alat penukar berupa uang kertas dan uang giral.
2. Fungsi dan Tujuan Perbangkan Indonesia
Sebagai badan usaha yang menghinpun dana dari
masyaakat, bank mempunyai bebeapa fungsi yaitu:
(1) Fungsi Utama
(a) Pengumpulan dana dai masyarakat.
(b) Pembiyayan (mengeluakan dana kepada masyaakat).
(c) Peningkatan faedah dari dana masyarakat.
(d) Penanggung resiko dana masyarakat dari berbagai hal yang mungkin terjadi
seprti inflasi, deflasi, hilang atau rusak.
(2) Funsi Tambahan
(a) Membeikan fasilitas pengiriman uang
(b) Penggunaaan cek (pencairan cek).
(c) Memberikan garansi bank
(3) Jenis Bank
1. Bank Sentral
Bank Sentral adalah bank yang bertugas sebagai
bank sirkulasi dan sebagai induk dari bank lainnya.
2. Bank Umum
Bank umum adalah yang melaksanakan kegiatan
memberikan jasa dalam lalu lalu lintas pembayaran.
3. Bank Perkereditan Rakyat (BPR)
Bank perkereditan Rakyat adalah bank yang
melaksanakan kegiatan usaha secara konensional atau berdasarkan prinsip
syariyah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas
pembayaran, bentuknya perusahaan daerah, koprasi , atau perseroanterbatas.
A) Bank Syariyah
Bank syariyah adalah bank yang melaksanakan
kegiatan usaha berdasarkan prinsip syriyah yang memberikan jasa dalam lalu
lintas pembayaran.
5. Perdagangan Internasional
a. Pengertian Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional adalah tukar menukar
barang dan jasa antara negara yang satu dengan yang lain. Perdagangan mempunyai
arti kegiatan tukar atau transaksi antara dua pihak atau lebih.
b. Teori perdagangan internasional
1. Teori keuntungan mutlak (absolute advantage)
Menurut Adam Smith, setiap negara akan
memperoleh manfaat dari perdagangan internasional (gain from trade) karena
telah melakukan spesialisai produk dan mengekspor barang jika negara tersebut
memiliki keunggulan mutlak, atau mengimpor barang jika negara tersebut memiliki
ketidakunggulan mutlak.
2. Teori keuntungan Komparatif (comparative advantage)
Dikemukakan oleh David Ricardo dalam bukunya
“Economi And Taxition) keuntungan komparatif adalah keuntungan yang diukur
berdasarkan ongkos real yang dikorbankan untuk memproduksi barang atau jasa,
yang dicerminkan dengan upah tenaga kerja.
DAFTAR PUSTAKA
Alam S, 2007, Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X, Jakarta : ESIS
Hj.Sukmawati, 2006, Ekonomi SMA Kelas X
Ritonga, MT,dkk, 2007, Ekonomi Untuk SMA Kelas X, Jakarta : Phibeta Aneka
Gama
Sarno Yulianto, 1999, Ekonomi SMU I, Surakarta : Widya Duta
How to bet on 1xbet korean on mobile and ipad
BalasHapusHow to bet on 1xbet korean on mobile and ipad. Online betting sites in your country where you can deposit at least 10k kadangpintar to 바카라 winnings. 1xbet